Posted by : Agung Saputra October 29, 2012

Topik : Budaya
Judul :

Mencontek budaya membaca orang Jepang

Apa yang terbesit dibenak kalian tentang Jepang ? Kebiasaan mereka , Anime , dan berbagai hiburan lainya. Tapi apakah kalian tau bahwa jepang memiliki kebiasaan membaca yang unik ? Di setiap waktu masyarakat jepang baik tua dan muda membiasakan diri untuk membaca saat menunggu sesuatu. Baik itu saat di Kereta / di tempat umum lainnya. Dan salah satu yang sering dibaca adalah Manga. Manga adalah komik khas jepang yang isinya mengekspresikan tentang kehidupan yang ingin dirasakan oleh si penulisnya. Setiap manga ( komik jepang ) memiliki ciri khas ,Ciri khas paling menonjol dari penggambaran manga ini terletak pada wajah para tokohnya. Mata dari karakter manga digambar dengan ukuran yang besar, hidungnya digambar seminimalis mungkin, dan bibir dari si tokoh selalu terlihat kecil. Hal yang juga menarik dari penggambaran manga ini adalah rambut para tokohnya selalu berwarna-warni. Hasilnya memang kurang realistis, tapi gaya penggambaran manga ini ternyata cukup disukai di Indonesia, terbukti oleh banyaknya komik-komik Jepang yang selalu terpampang di toko-toko buku.
Walau tokoh manga digambarkan dengan sangat unik, background dari manga itu sendiri digambarkan semirip mungkin dengan dunia nyata. Gedung-gedung, pepohonan, suasana jalan raya, semua hal digambarkan sedetail mungkin dan tampak sangat realistis, kecuali untuk manga bergenre fantasi. Tak jarang banyak Manga yang diadopsi dari cerita legenda / cerita zaman dulu masyarakatnya . Tentu yang tersebut sangat menarik minat para pembaca khususnya untuk membaca Manga tersebut . Apalagi Manga tersebut sudah disesuaikan dengan tingkatan umur dan isi konten yang sesuai dengan pembaca . Dan hasilnya ? sejak dari usia anak – anak sampai dewasa tidak ada masyarakat Jepang yang buta huruf karena dari kecil mereka suka membaca walaupun membaca komik ( manga ) .


Apakah hal yang sama terjadi di Indonesia ? Setiap orang sulit untuk membaca buku di Negeri kita ini. Banyak took buku yang menyediakan buku bagus tetapi jarang disentuh dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat kita. Padahal membaca buku apapun itu baik komik, buku pengetahuan umum , kamus dan sebagainya sangat bermanfaat untuk membuka wawasan kita , menghibur diri , dan menanamkan sifat cinta membaca untuk masa depan. Dibanding dengan membaca, orang Indonesia lebih senang berjalan – jalan di mall / tidur ketika di angkutan umum . Tentu hal ini sangat disayangkan karena waktu – waktu luang tersebut bisa dimanfaatkan untuk membaca buku apapun yang bisa menambah wawasan dan melatih cara berfikir masyarakat kita. Apalagi anak – anak kecil zaman sekarang adik – adik kita mungkin sudah melupakan keasyikan membaca komik ( yang pada zaman dulu menjadi idola ) dan cenderung  menghabiskan waktu untuk menonton TV  menonton tontonan yang kurang sesuai dengan umur mereka dan bermain PS / komputer.. Jadi kita harus bisa menanamkan sifat cinta buku dan membaca supaya kebiasaan itu tidak punah dan setidaknya kita bisa "mencontek"  budaya membaca orang jepang .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Agung Networks - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -