Posted by : Agung Saputra February 21, 2013


“Anime adalah tontonan anak kecil” mungkin itu yang terbenang dalam benak  orang yang menonton Anime. Tentu anime tontonan untuk anak kecil jika anda melihat  Doraemon, Lets and Go ! da anime fantasy lainnya karena memang tujuan anime itu ditayangkan untuk mengembangkan imajinasi adik – adik kecil kita dirumah. 

Lalu ada ga nih anime buat kita – kita ( Remaja  )? Tentu ada dan kebanyakan belum ada yang tayang diIndonesia. Berikut gw kasih 7 anime yang pantas ditonton oleh Remaja, ditonton bersama Keluarga, dan bisa memotivasi  memberi Inspirasi dan pelajaran hidup pastinya .


Oke kita mulai dari nomor 7 . Terbayang oleh kalian anime yang memiliki Ending bertolak belakang dengan Opening nya ? Belum terbayang anime yang merubah watak tokoh utamanya pada akhirnya ? dan pengen nonton kisah Tragedic Romance yang mempunyai shock terapi pada akhirnya ? Semua kriteria diatas cocok dengan anime School Days .



School Days adalah Anime bergenre Tragedic Romance. Anime ini mengisahkan tentang kehidupan sekolah pada umumnya, dan juga prilaku remaja khususnya dalam percintaan. Ehmm yang gw maksud disini adalah anime ini menyinggung perilaku pacaran yang tidak sehat pada waktu sekolah , dan bisa menimbulkan masalah seperti banyak yang terjadi di Indonesia contohnya banyaknya Remaja kita yang melakukan Seks Bebas. 

Well gw rasa anime ini cocok ditonton oleh anda para Remaja ( Labil ) yang suka pacaran ga sehat, dan ditonton oleh orang tua agar orang tua tahu bahayanya pacaran ga sehat zaman sekarang. Dikisahkan Itou Makoto adalah siswa kelas 1 di SMA di Sakakino. Makoto adalah orang yang baik, dan cukup pemalu tapi menarik perhatian wanita ( pada awalnya ). Lalu dia suka dengan seorang gadis yang dia temui di Kereta saat pulang sekolah. Dia bernama Katsura. Katsura adalah gadis introvert yang sangat cantik tapi.... sering mendapat perlakuan kurang menyenangkan karena kecantikannya.
Saat Itou Bertemu Katsura
Nah ini tokoh utamanya Itou Makoto

Makan bareng persahabatan yang indah pada awalnya (ingat ini !)

Cerita berlanjut saat Makoto dicomblangin sama salah satu temannya bernama Saionji untuk bisa kenalan dan pacaran dengan Katsura. Pada awalnya Makoto menolak tapi lama – lama dia tertarik dengan bantuan Saionji dan dia akhirnya bisa pacaran dengan Katsura. Seiring berjalannya waktu seperti lagu Zigaz sahabat jadi cinta Saionji menyukai Makoto tetapi cintanya bertepuk sebelah tangan. 

Nah masalah muncul saat tiba –  tiba Saionji melakukan “Cinta sesaat yang terlarang” (u know what i mean ) dengan Makoto dan itu merubah segalanya . Makoto dihadapkan pada pilihan yang sulit antara Katsura ( yang awalnya dia cintai ) atau Saionji ( orang yang pertama kali “berhubungan” dengannya ) . Nah pelajaran yang akhirnya dapat diambil dari Anime ini adalah Cinta sejati bukan “ Cinta sesaat dengan Nafsu” tetapi cinta karena hati yang dipersatukan ( puitis mode on ) lalu mana Tragedi nya ? ok gw kasih tau Di episode terakhir Makoto mati dibunuh oleh Saionji yang berbohong kalau dia hamil anak Makoto dan Saionji mati dibunuh Katsura yang dendam Makoto yang dicintainya mati dibunuh dan.... kalo pengen tahu kenapa endingnya bisa begitu gw saranin anda mendownload dan menontonnya karena ini satu – satunya anime yang pernah gw tonton yang tokoh utamannya mati dibunuh tokoh utama yang lain.

Yeah akhir yang indah buat gw sebagai penggemar genre tragedi, sadis dan menarik bukan akhirnya ?

Wajah menyesal yang sangat menarik bukan ?

Selamat tinggal Sekai Saionji , lalu siapa yang membunuhnya ?
Katsura -san , pacar Itou Makoto yang membunuhnya ehmm lalu bagaimana akhir dari cerita "indah" nan sadis ini ?

Akhir yang indah Katsura memeluk sesuatu, apakah itu ? bola ? kelapa ? Jawaban yang tepat adalah Kepala Itou Makoto (pacarnya)  yang dimutilasi yang dipeluk oleh Katsura


Note : School Days adalah anime yang mempertotonkan keadaan pacaran yang ga sehat zaman sekarang seperti berciuman, hubungan “percintaan” ( u know what i mean ) dan beberapa adengan sadis ( walaupun hanya diakhir – akhir ) tapi anime ini mengajarkan kita untuk menghargai perempuan yang kita cintai, dan bukan kita nodai dengan “cinta terlarang yang sesaat” dan harapan kosong kepada pasangan.  

Jadi masih mau melakukan hal bodoh yang tidak pantas terhadap pasangan anda setelah menonton Anime ini ?  


Di posisi Ke 6 ada anime yang salah satu favorit gw nih Papa no Iukoto wo Kikinasai yang gw rela nonton diulang – ulang seharian. Genre anime ini Slice Of Life ( genre favorit gw ) . Anime ini bercerita tentang kehidupan Segawa Yuuta (20th) yang menjadi Mahasiswa Baru di Universitas Sastra. Sejak kecil dia sudah ditinggal mati kedua orang tuanya, dan hanya tinggal diasuh oleh kakaknya Segawa Yuri . Tahun demi tahun berlalu Yuuta sekarang sudah masuk Universitas dan Yuri sudah menikah dengan duda 2 anak dan juga sudah dikaruniai seorang anak berumur 3 tahun. 


Liat Covernya pasti bilang ini anime cemen dan cengeng


Masalah timbul saat Yuri meminta Yuuta menjaga 3 orang anaknya saat dia ingin berbulan madu dengan suaminya. Dan Yuuta menyanggupi menjaga 2 keponakan tirinya dan 1 keponakan kandungnya tersebut tetapi.... siapa yang tahu kalau itu permintaan terakhir Yuri sebelum dia mati bersama suaminya akibat kecelakaan pesawat saat keberangkatan mereka berbulan madu.
Yuuta yang dihadapi pada satu kondisi seperti saat dia dulu kehilangan kedua orang tuanya, sedih saat Sora (14th), Miu(10th), dan Hina(3th) ( Semuanya anak dari Yuri ) ingin dipisahkan hak asuhnya oleh keluarga dari kedua belah pihak ( Keluarga Segawa dan Keluarga Takanashi ) . Sebagai paman dari ke 3 anak ini Yuuta melakukan hal yang dilakukan Yuri saat dia kehilangan orang tuanya yaitu merawat ke 3 anak tersebut bersama dengannya di Apartemen ( Apartemen di Jepang seperti kos – kosan 1 kamar  + 1 wc di Indonesia )

Melihat niat Yuuta keluarga Segawa tidak mau karena Yuuta miskin, belum punya rumah sendiri dan masih anak kuliahan ( yang bagian anak kuliahan mirip nih sama gw ), dan Akhirnya dia diberi masa percobaan untuk mengasuh Sora, Miu, dan Hina di Apartemennya. Dan bagaimana kisah Yuuta mengasuh 3 anak ini dengan kesibukanya kuliah, bergabung di klub tamasya kampus serta kerja part time sangat memberi inspirasi agar kita tidak malas – malasan di masa – masa muda kita dan bertanggung jawab dengan komitmen yang kita buat . Ok langsung aja cari dan download kalo pengen tau seperti apa Anime yang bisa membuat kita terharu ini dan membuat kita menyadari pentingnya arti dari sebuah keluarga.






Note : Anime ini cocok ditonton bersama keluarga karena ceritanya yang benar – benar membuat terharu dan bagian paling sedih saat Hina (3th) menangis menanyakan keberadaan orang tuanya, dan ingin bertemu dengan orang tuanya tetapi Yuuta tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut.



Note : Anime ini cocok ditonton bersama keluarga karena ceritanya yang benar – benar membuat terharu dan bagian paling sedih saat Hina (3th) menangis menanyakan keberadaan orang tuanya, dan ingin bertemu dengan orang tuanya tetapi Yuuta tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut. 



“Cewe Cuma bisa manja, lemah dan tidak aktif terlibat di Klub sekolah” mungkin itu statement miring beberapa orang terhadap perempuan tetapi di urutan 5 K-ON ! dan K-ON !! membuktikan kalau para cewe bisa maen musik !!! yeah its Rock man !
K-ON! Mungkin ga asing dikalangan sebagian besar pecinta anime, ya bisa dibilang  ini tontonan wajib bagi pecinta anime dan para pecinta yang karakter cewek yang unik. Dikisahkan Yui seoang yang cewe ceroboh ga berbakat dibidang musik, olahraga dan kegiatan lainnya di SMU nya nekat masuk grup musik K-ON. K-ON adalah klub ( yang mau bubar ) yang dibangkitkan oleh Ritsu dan Mio ( karakter favorit gw di K-ON! ) yang mencari 2 personil agar klub ini tidak dibubarkan.



Sebelumnya mereka ( Ritsu dan Mio ) sudah merekrut Kotobuki Tsumugi  gadis yang nyasar ke Ruangan klub K-ON saat ingin melihat klub paduan suara. Mugi yang tersentuh saat Ritsu dan Mio bercita – cita membangkitkan Klub K-ON dan bikin band ini langsung setuju gabung ke Klub K-ON. Nah pada awalnya K-ON diperkuat 3 personil Tainaka Ritsu ( Drum dan Leader ) , Akiyama Mio ( bass dan Vocal ) dan Kotobuki Tsumugi (Keyboard ). Akhirnya mereka mencari seorang pemain gitar handal dan yang bergabung adalah Hirasawa Yui gadis ceroboh yang pura – pura bisa main gitar ( bahkan main harmonika aja ga bisa ). 

Yui bahkan tidak punya instrument ( gitar ) pada awalnya dan dia akhirnya kerja part time untuk bisa memberi gitar Gibson seharga 250.000 yen. Nah gimana perjuangan mereka di Klub K-ON ? bisakah Yui membeli gitar dan memainkannya pada akhirnya ? dan menarik anggota baru untuk Klub K-ON ?  Menarik buat ditonton silahkan kalian Streaming, atau download K-ON ! dan nikmati keseruan dan jalan cerita yang menghibur dari Anime ini  

 Note : Selain Animenya OST dari K-ON ! dan K-ON !! sangat menarik buat didengar dan dikoleksi untuk anda penggemar musik


Bro kalau Anime Romance harus ada adegan ciumannya ya bro ? Kalau anda berfikir seperti itu berarti anda harus menonton Anime yang bercokol di posisi 4 ini Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Adalah anime bergenre Comedy Romance yang menarik buat ditonton. Apa sih arti dari Chuunibyou demo Koi ga Shitai ? Kurang lebihnya adalah penyakit kelas 2 smp yang ingin dicintai! itu artinya. Kok aneh ? penyakit kelas 2 SMP dijepang sering disebut  Chuunibyou. Penyakit ini menyerang anak muda kelas 2 SMP saat dimana mereka emosinya labil dan menganggap kalau hal – hal fantasy di dunia nyata itu ada. Seperti sihir, gaya yang aneh dan terlalu berlebihan yang tidak pada tempatnya dan berbagai perilaku lainnya. Di Indonesia penyakit Chuunibyou bisa dikatakan Alay dalam hal fantasy ( imajinasi yang berlebihan )







Biarpun ini bergenre Romance sama dengan School Days yang gw bahas sebelumnya tetapi anime ini bukan merupakan Anime yang mengandung unsur “seksusal” bahkan TIDAK ADA ADEGAN CIUMAN dalam anime bergenre Romance ini. Dikisahkan Rikka seorang cewe yang menderita Chuunibyou yang sudah parah bahkan terbawa sampai masuk di SMA bertemu dengan Yuuta Togashi seorang anak laki – laki yang sudah sembuh dari Chuunibyou –nya.
Rikka masih menganggap Yuuta memiliki kekuatan ajaib Dark Flame Master ( tokoh imajinasi dari Yuuta ) yang bisa membantunya mengalahkan dunia ini. Tentu hal ini membuat Yuuta malu dan repot saat teman – temannya hampir mengetahui dia pernah menderita penyakit Chuunibyou. Dan ..... Kisah berlanjut sangat panjang sampai akhirnya Yuuta mengetahui alasan dari Rikka masih menderita Chuunibyou . Dan karena alasan inilah Yuuta akhirnya menunjukan “kekuatan Dark Flame Master” yang dia miliki untuk menolong Rikka dari penyakit Chuunibyou –nya ini.  Pengen tahu gimana kelanjutan kisah dari Anime yang menyabet predikat Anime Romance terbaik Winter 2012 ini dari kalangan fans segera cari dan temukan bahwa Romantisme bukan hanya dari hal – hal istimewa saja, tetapi juga bisa terjadi saat melalukan hal –hal yang sederhana dari momen – momen yang ada di Anime ini .     

Romantisme sederhana yang ditunjukan di Anime ini, yeah it is true love
The Power of love dari Drak Flame Master a.k.a Yuuta berhasil membuat Rikka menemukan Cakrawala yang dia cari
Dan besok peringkat 3 besar dari 7 anime Remaja terbaik bakal gw post disini ok ? jadi tunggu siapa yang menempati 3 besar yang terbaik menurut gw














{ 18 comments... read them below or Comment }

  1. hmm maaf kamu membuat review tapi ngespoiler ending cerita,... itu membuat orang2 tidak tertarik lagi menontonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah ga juga gan..
      aku suka ama blogger kaya bang admin yang satu ini...
      detail...jadi gak sia2 nerima saran dari dia buat ngedownload anime ..

      Delete
  2. Wahhh.. Kawaii!! mampir ke blog ane gan:http://anggamyers.blogspot.com/
    arigatou gozaimasu!!

    ReplyDelete
  3. kenapa nggak ada SAO itu juga patut di tonton ko :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek part 2 nya :V , yang ente baca kan part 1 gan.

      part 2: http://agungnetworks.blogspot.com/2013/02/review-7-anime-remaja-terbaik-yang_25.html

      Delete
  4. School Days itu film yang menyebalkan -_-
    awalnya si cowonya baik, ganteng, dll. dan gue kira cowonya akhirnya sm temennya, eh gataunya mati. wkkwkwkwkwk :D
    tapi post nya keren ;)

    ReplyDelete
  5. kenapa nggak ada NISEKOI itu juga patut di tonton ko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhatikan tanggal posting dahulu, review ini dibuat jauh sebelum Nisekoi tayang jadi gimana mau dibuatin reviewnya kalau animenya aja waktu itu belum tayang ?

      Delete
  6. tingkat.kan terus gan
    ini indah buat saran :)

    ReplyDelete
  7. mkasih gan ,, atas review-7-anime-remaja-terbaik-yang layak tonton nya, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya anprat.blogspot.com tmakasih skali lagi gan

    ReplyDelete
  8. manaa narutonyaaa ???
    http://mokuton-anime.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. Clannad koq gk ada itu juga bagus low

    ReplyDelete
  10. Waduh school days -_- tapi kalau papa kiki memang sangat direkomendasikan karena ceritanya bagus.

    Kalau school days sekalian aja white album 2 :D

    ReplyDelete

- Copyright © Agung Networks - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -