Posted by : Agung Saputra December 29, 2013

Yosh ! Konichiwa ! Setelah beberapa bulan ga ngeluarin review anime sekarang gw akan mereview salah satu anime yang (baru) jadi favorit gw, judulnya Chihayafuru. Sebelumnya pernah ga kalian berfikir kalau genre drama, shoujo, dan sport jadi satu? bagaimana jadinya? Chihayafuru bakal menjawab pertanyaan itu lewat animenya. Sebelumnya silahkan dilihat dulu informasi mengenai Chihayafuru berikut ini:





Chihayafuru Season 1




Type: TV Series

Episodes: 25 Episode

Status : Completed

Genres: Drama, Game, Sports, Josei

Rating : 8.45 (http://myanimelist.net/anime/10800/Chihayafuru )


Bercerita mengenai perjuangan Ayase Chihaya, seorang anak SMA yang cantik tapi cuek, untuk menjadi juara nasional Karuta (dengan gelar Queen). Kesukaannya pada Karuta dimulai ketika SD, Chihaya dan friendnemy-nya Taichi diperkenalkan pada Karuta oleh Arata, anak pindahan di SDnya, yang dianggap aneh oleh teman sekelasnya karena logat daerahnya, tapi ternyata merupakan cucu dari master karuta. Walaupun setelah lulus SD mereka berpisah, Chihaya tetap bermain Karuta, sambil berharap kedua sahabatnya juga tetap bermain dan mungkin bisa bertemu di turnamen nasional.

Chihayafuru Season 2 



Type: TV Series


Episodes: 25 Episode

Status :Completed

Genres: Drama, Game, Sports, Josei

Rating : 8.70 (http://myanimelist.net/anime/14397/Chihayafuru_2 )


Di tahun kedua mereka di SMA, Chihaya dan teman-temannya berbagi semua kesenangan dan kekhawatiran untuk menyambut anak kelas 1 bergabung ke karuta club mereka, yang dipersiapkan untuk melawan SMA – SMA tangguh di kejuaraan nasional. Semangat dari Karuta Klub Mizusawa pun terbakar lebih panas dari sebelumnya, namun dengan suasana penyegaran yang sama, dengan kompetisi karuta yang lebih ketat, cerita akan dibawa lebih baik dari season pertamannya.


Gimana udah liat sinopsis singkat season 1  dan 2 nya? sekarang kita masuk ke pembahasan lebih dalam lagi. 

Character : 

Yo! kita bahas karakternya satu persatu lebih dulu. Yang pertama sama seperti sinopsisnya karakter utama dalam anime Chihayafuru adalah Ayase Chihaya seorang gadis cantik yang sepertinya memiliki kecantikan yang sia - sia :ngakak kenapa? karena Chihaya di anime ini digambarkan sebagai gadis cantik yang awalnya tidak mempunyai mimpi sampai dia bertemu Wataya Arata. Ya, Chihaya tidak dapat melakukan apapun dengan benar selain bermain Kurata (bahkan dia peringkat 5 terbawah dikelasnya :hammer), tapi semua berubah ketika dia mengenal Wataya Arata yang mengajari dia bermain Karuta (permainan tradisional kartu menggunakan puisi , lebih lanjut akan dibahas dipost berikutnya.) dan Chihaya tertarik sampai - sampai dia ingin menjadi Queen (pemain karuta wanita terhebat di dunia). Langsung aja nih penampakan Ayase Chihaya di Anime ini:


Ayase Chihaya saat SD (season 1)


Ayase Chihaya saat SMA (Season 1)

 Yang kedua, anime bergenre Josei/Shoujo ga lengkap rasanya kalo ga ada tokoh pria tampan nan sempurna -___-" yap kita bahas kali ini Mashima Taichi. Mashima Taichi ini adalah teman masa kecil Chihaya saat SD dan sekarang satu SMA dengannya. Taichi ini digambarkan seperti pria sempurna (khas anime/manga shoujo) dengan banyak bakat dan salah satunya bakat bermain Karuta. Di anime ini dia dan Chihaya berjuang membuat klub Karuta di SMA nya (Di era modern emang masih ada yang mau maen Karuta?) dan menjadi ketua klub Karuta juga peringkat teratas siswa terpandai di sekolahnya (bener - bener khas anime/ manga shoujo). 

Mashima Taichi saat SD (season 1)


Mashima Taichi saat SMA (season 1)

Yang ketiga adalah karakter favorit gw di anime ini, dia adalah Warata Arata. Digambarkan sebagai anak laki - laki introvert pada awal kemunculannya, tetapi memiliki bakat luar biasa dibidang Karuta dan Dia adalah cucu dari Master (pemain laki - laki Karuta terhebat di dunia) abadi Warata -sensei. Awalnya dia menutup diri dari lingkungan karena dia digambarkan sebagai siswa pindahan dari desa Fukui ke Tokyo. Dia juga bekerja diam - diam (padahal masih SD) sebagai pengantar koran. Dia merasa malu jika pekerjaannya itu diketahui teman SDnya, padahal pada akhirnya dia ketahuan bekerja jadi pengantar koran dan akhirnya di bully oleh teman - teman di SD barunya. Sampai akhirnya Chihaya berkunjung ke rumahnya, dan dia bermain Karuta disana. Chihaya mengetahui bakat Arata yang hebat dan membelanya saat dia di bully termasuk oleh Taichi.

Oh iya kenapa gw pilih Arata jadi karakter favorit? karena logat nya di Anime ini bener - bener bikin :ngakak, dia memakai logat Fukui jadi terdengar seperti Cina-Jepang saat dia ngomong akhirannya kayak orang Cina, terlebih di season 2. 

Wataya Arata saat SD (season 1)


Wataya Arata  saat SMA (season 1)

Sekarang kita bahas anggota klub Karuta di SMA tempat Chihaya dan Taichi bersekolah. 

Yang pertama Kanade Ooe, dia adalah anggota pertama yang bergabung di Klub Karuta yang dibentuk Chihaya dan Taichi. Awalnya dia berada di klub memanah tetapi dia tidak betah karena dia sebenarnya sangat menyukai pakaian dan puisi tradisional jepang! Loh? dia berpikir untuk bergabung degan klub yang bisa membuatnya bisa memakai Yukata dan mempelajari puisi klasik. Saat tahu Klub Karuta adalah klub yang berhubungan dengan puisi klasik dia memutuskan untuk mengintip klub Karuta dan ... tertangkap oleh Chihaya. Chihaya yang ga berpikiran panjang alias PA akhirnya mengejar dan menangkap Kanade untuk diajak bergabung di klub. Kanade setuju bergabung dengan klub dengan beberapa persyaratan yaitu: Klub Karuta jika bertanding harus menggunakan Yukata, dan Chihaya harus jadi model katalog untuk toko pakaian tradisionalnya XD (bener - bener kopak syaratnya).
Kanade Ooe saat ketahuhan mengintip klub karuta. (season 1) 
Anggota kedua yang begabung adalah saingan dari Mashima Taichi, Komano Tsutomu . Dia adalah saingan Taichi dibidang akademik alias dia adalah peringkat 2 tertinggi di SMAnya. Dia digambarkan sebagai kutu buku yang penakut dan tidak memiliki bakat apa - apa selain belajar. Bahkan saat belajar pun dia kalah oleh Taichi. Awalnya dia diseret oleh Chihaya (emang bener nih cewe koplak) saat dia sedang belajar bahasa inggris dikelas. Chihaya berfikir kalau klubnya butuh orang yang cerdas (seharusnya cerdas dalam permainan Kurata bukan akademik -__-") makanya dia menyeret Komano ke ruangan klub Karuta padahal Komano sendiri belum pernah sekalipun maen Kurata :ngakak. Dalam perjalanannya dia akhirnya bergabung saat Chihaya dan Taichi menyelesaikan tantangan darinya yaitu memainkan Kurata dengan kartu terbalik. 

Komano Tsutomu  saat akan diseret oleh Chihaya (season 1)
 
Anggota terakhir yang bergabung di Season 1 anime ini adalah Yuusei Nishida. Dia adalah juara 2 nasional permainan Kurata saat SD dan merupakan saingan dari Wataya Arata saat SD. Tapi, saking frustasinya ga bisa menang dari Arata dia berpaling dari Kurata ke olah raga lain yaitu tenis. Tetapi bukan Chihaya namanya kalau ga bisa nangkep anggota baru. Dia memata - matai Nishida saat maen Tenis dan dia mendengar Nishida melafalkan puisi yang dipakai saat bermain Karuta. Chihaya lalu mengambil kesempatan ini untuk mengajak Nikuman (panggilan Chihaya pada Nishida) bergabung. Nishida menolak dan malah menantang Chihaya bermain Karuta. Pada akhirnya dia bergabung karena dia merasa rindu dengan permainan Karuta dan tidak bisa move on ke tenis. 

Yuusei Nishida saat bermain melawan Chihaya (season 1)
 
Setelah season 1 selesai season 2 klub Karuta SMA Taichi dan Chihaya kedatangan 20 anggota baru, tetapi yang bertahan pada akhirnya cuma 2 anggota doang :ngakak dan inilah mereka : 

Yang pertama Sumire Hanano. Alasan dia bergabung awalnya cuma karena dia ingin mencari pacar baru, dan tertarik dengan Taichi (alasan yang simple). Dia berpikiran Karuta permainan yang membosankan, tetapi saat melihat Taichi bermain Karuta di Komunitas Karuta di pusat budaya kota dia terkejut kalau Taichi sangat serius pada permaianan ini, dan pada akhirnya dia mau belajar mengerti tentang Karuta untuk memahami Taichi (pada ujungnya -__-") 

Sumire Hanano saat mengatakan tidak tertarik pada Karuta (season 2)


Yang kedua adalah seoarang laki - laki bernama Tsukuba Akihiro yang berpengalaman bermain Karuta di Bait ke 2. Klub Karuta SMA Taichi dan Chihaya itu menggunakan bait 1 dan kartu kertas, tetapi Akihiro memainkan Karuta di bait ke 2 dan memakai kartu dari papan. Awalnya dia mengira akan menguasai Karuta kertas dengan mudah tetapi dia salah, malah dia menjadi bulan - bulanan lawan. Kelakuannya di Anime ini juga bikin :ngakak karena dia selalu mengganti urutan pemain karuta dengan namanya tujuannya agar dia jadi starter dan bisa membanggakan adik - adiknya yang selalu menonton pertandiangannya (walaupun kalah terus)
Gaya khas dari Tsukuba Akihiro (season 2).
 Setelah membahas tokoh utama dan rekan setim dari Chihaya sekarang kita bahas lawan - lawan utama dari Chihaya : 

Yang pertama adalah Wakamiya Shinobu. Dia adalah Queen saat ini dan berhasil mempertahankan gelarnya selama 2 tahun. Uniknya Shinobu di Anime ini digambarkan sebagai perempuan yang sangat berbakat bermain karuta sama seperti Arata, tetapi dia selalu bermain sendirian karena dia terlalu berbakat dan terlalu kuat jadi jika melawan lawan seusianya dia menang terus. Uniknya dia baru bisa me"ratu"i dunia kurata sejak Arata berhenti bermain Karuta karena kakeknya meninggal. Ya dia menjadi juara di semua kompetisi yang dia ikuti sejak Arata berhenti bermain Karuta, dan pada season 2 baru ketahuan kalau dia sepertinya memiliki ketertarikan dengan Arata bahkan dia sampai memohon agar Arata dapat bermain kembali di Turnamen individu saat Arata akan di diskualifikasi. 

Sifat asli Wakamiya Shinobu (season 1)

Shinobu dalam mode serius melawan Chihaya

Yang kedua adalah sang Master yaitu Shuo Hisashi. Dia adalah pemegang gelar master selama 5 tahun berturut - turut. Tidak banyak kepribadiannya yang diekspos di Anime ini, tetapi dia memiliki bakat dan indera luar biasa untuk bermain Kurata.  
Sang Master misterius, Shuo Hisashi.


Plot cerita : 
Awalnya Chihaya yang tidak bisa bermain Kurata, diajari oleh Arata. Kemudian Chihaya berjanji dia akan menjadi Queen dan Arata akan menjadi Masternya. Setelah melewati masa - masa SD dan kini Chihaya sudah SMA dan berada di tingkat 4 pemain kurata yang artinya dia berada di kelas A dan dapat mengikuti turnamen untuk menantang Queen dan menjadi Queen. Tetapi dia tidak mau sendiri bermain Kurata, dan dia mengajak Taichi yang masih berada dilevel B untuk membentuk klub Kurata dan memenagkan kompetisi Individu serta kelompok. 

Graphic :
Dilihat dari gambar diatas juga kelihatankan, graphic dari anime ini mantap :2thumbup apalagi masing - masing karakternya.

Sound :
Bener - bener mantap :beer apalagi dibumbui dengan puisi klasik yang bener - bener menambah nilai keindahan di anime ini. 

Overall : 
Kalau mencari anime anti mainstream dan punya rasa dan feeling yang berbeda buruan deh tonton Chihayafuru ini dan rasakan semangat dari permainan kurata! Buat nilai gw kasih 9/10 buat anime Chihayafuru :3 

Kurang berimajinasi tentang animenya? silahkan nikmati preview screenshot dibawah ini: 

Saat Arata jadi pengantar koran ke rumah Chihaya

Pertama kali Chihaya bermain Kurata melawan Arata

Chihaya cuma mendapatkan 1 kartu saja melawan Arata

Best freind 4ever ! 

3 sahabat berjanji akan bermain Kurata bersama lagi

Chihaya saat bertanding untuk naik ke kelas A

Chihaya saat memungut kartu Kurata yang dibuang oleh Yuu

Pose terepic Chihaya di Anime ini 

Shinobu <3 






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Agung Networks - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -