Posted by : Agung Saputra October 12, 2013

Nama : Agung SaputraKelas : 2DC01NPM : 40112375Mata Kuliah : Manajemen Proyek dan Manajemen Resiko


1. Latar belakang, sejarah dan motivasi mempelajari manajemen proyek khususnya TI


Ada kalanya kita mempelajari tentang manajemen proyek. Karena pada dasarnya kita bisa menerapkan manajemen proyek tersebut pada berbagai bidang ilmu lain. Sebagai contoh : seorang praktisi IT menerapkan manajemen proyek dalam pengerjaan proyek nya dilapangan . Tujuannya tidak lain adalah agar proyek yang dikerjakan pengerjaannya tertata rapi, dan selesai dengan tepat waktu. 

Sejarah mencatat setidaknya dalam beberapa kesempatan baik lembaga pemerintahan dan  perusahaan yang menerapkan manajemen proyek khususnya dalam hal pengerjaan proyek teknologi informasi mereka diantaranya :

A. Laporan Chaos 1995
Penelitian Standish Group menunjukkan 31,1%  proyek akan dibatalkan sebelum mereka pernah mendapatkan selesai.
Hasil lebih lanjut menunjukkan 52,7% dari proyek akan menelan biaya lebih dari 189% perkiraan asli mereka.

Di sisi keberhasilan, rata-rata hanya 16,2% untuk perangkat lunak proyek yang diselesaikan tepat waktu.


B. Sebuah laporan tahun 2001 menunjukkan bahwa AS menghabiskan $ 2.3 triliun untuk proyek setiap tahun.

C. Belanja TI di seluruh dunia diperkirakan akan tumbuh sebesar 4% dan 6% dalam beberapa tahun mendatang.


D. Pada tahun 2003 rata-rata manajer proyek senior di US berpenghasilan hampir $ 90,000 per tahun


E. Di AS, nomor-satu realitas acara TV pada tahun 2004, menggambarkan peran manajer proyek penting dalam bisnis.

3. Pengertian Proyek dan Manajemen Proyek 

A. Pengertian Proyek

Proyek dapat didefinisikan sebagai serangkaian usaha yang dikerjakan dalam jangka waktu tertentu yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa yang bersifat unik yang dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan sumber daya yang ada melalui serangkaian proses perencanaan, eksekusi dan kontrol yang baik. 

B. Contoh Proyek  

Berikut ini merupakan beberapa contoh pengerjaan proyek :
- Perusahaan handphone membuat design baru untuk produk smartphone mereka. 
- Perusahaan telekomunikasi membangun infrastruktur jaringan untuk memperluas cover-area jaringan mereka. 
- Perusahaan perhubungan membagun jalur kereta baru untuk suatu wilayah . 

Dalam pengerjaannya proyek memiliki tujuan diantaranya :
# Proyek yang dikerjakan memiliki tiitk awal dan titik mulai yang pasti atau memiliki target yang harus dicapai. 
# Proyek yang dikerjakan biasanya bersifat unik. Ini dimaksudkan agar nanti hasil dari proyek tersebut yang berupa barang / jasa bersifat unik juga . 

C. Pengertian Manajemen Proyek 

Manajemen proyek adalah sebuah keterampilan berupa penerapan ilmu pengetahuan, metodologi , teknik dan pemanfaatan alat dalam mengelola suatu proyek agar dapat memenuhi harapan dan tujuan dari pihak yang berkepentingan dalam proyek tersebut (skateholder).

5. Kerangka Kerja dan Area Knowledge manajemen proyek  

Kerangka kerja manajemen poyek dibutuhkan untuk menyediakan struktur dasar dan mempermudah kita dalam memahami manajemen proyek tersebut. Dalam pengoperasiannya,  manajemen proyek digambarkan menjadi 2 lingkungan yaitu lingkungan internal dan eksternal . Rangkaian proses berfungsi untuk menggambarkan bagaimana manajemen proses itu bekerja untuk mengelola proyek dan menunjukan keterkaitan hubungan antar keduanya . 

Knowledge Area merupakan kopetensi utama yang harus dikembangkan oleh manager proyek. Kompetensi utama itu diantaranya adalah scope, time, cost, dan quality. Sementara adapun kompetensi pendukung yang bisa dikembangkan yaitu human resource, communication, risk dan procuremen. 

7. Hubungan Manajemen Proyek Dengan Disiplin Ilmu lain

Hampir semua proyek yang dilkukan oleh kita pasti kita membuat urutan pengerjaannya. Dalam hal ini jika kita merencanakan proyek apapun itu baik untuk bidang IT maupun konstuksi maka kita membutuhkan peerapan manajemen proyek agar proyek kita selesai tepat waktu. 
   
Manajemen umum meliputi perencanaan, pengorganisasian, staf, melaksanakan, dan mengendalikan operasi perusahaan berlangsung. Manajemen umum juga termasuk mendukung disiplin ilmu seperti pemrograman computer, hukum, statistic dan teori probabilitas,logistic dan personel. 

Daerah aplikasi adalah kategori proyek yang memeiliki elemen umum yang signifikan dalam proyek, namun tidak dibutuhkan hadir dalam semua proyek. Daerah aplikasi didefinisikan dalam hal :
  • Teknis elemen, seperti pengembangan perangkat lunak, farmasi atau teknik kontruksi.

  • Manajemen elemen, seperti kontrak pemerintah atau pengembangan produk baru.

  • Industri kelompok, seperti otomotif, kimia, atau layanan keuangan.   


9. Profesi dan Sertifikasi Manajemen Proyek  

Sertifikasi keahlian manajemen proyek dilaksanakan oleh berbagai bebagai organisasi profesi nasional maupun global. Di Indonesia, sertifikasi keahlian manajemen proyek dilaksanakan oleh Ikatan Ahli Manajemen Proyek Indonesia (IAMPI). Di Amerika Serikat, dan berlangsung secara global, diselenggarakan oleh Project Management Institute (PMI), di Australia ada AIPM, di Inggris ada IPM, serta organisasi profesi di berbagai negara.

11. Manajemen Proyek Software

Software Manajemen Proyek, merupakan software yang membantu para manajer dalam menangani suatu proyek.

Keuntungan yang didapat dari software ini antara lain

  • Pembuatan outline dan memasukkan task - task proyek yang lebih mudah

  • Mempermudah editing maupun pengaturan durasi (timing) dari setiap task serta dependencies antar task.

  • Mempermudah pengaturan resources

  • Dapat melakukan tracking (Realisasi dari pekerjaan proyek sampai sejauh mana proyek telah dikerjakan)

  • Berbagai fasilitas untuk digunakan sebagai pelaporan

Selanjutnya pemilihan software dari manajemen proyek menjadi salah satu hal yang penting sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan kita. Ada dua jenis software, yang open source serta yang komesial. Bila ada uang lebih, maka tidak ada salahnya untuk mencoba setelah membeli produk software dari microsoft yaitu MsProject. Namun, bila kebutuhan atau kemampuan finansial kita tidak cocok untuk software komersial ini maka saran Saya jangan dipaksakan yang pada ujungnya orang akan membajak software tersebut. Ada solusi yang sangat bagus bila tidak dapat softawre MsProject. Software dari Open Source juga tidak kalah jauh dibanding dengan software komersial tersebut. Software opensource yang dimaksud adalah OpenProj.



  Sumber Referensi : 


Anonymous. 2012.  Manajemen Proyek Dan Manajemen Resiko . http://anantamaahymsa.wordpress.com/2012/01/05/manajemen-proyek-dan-resiko/ Diunduh tanggal 09 Oktober 2013.

Anonymous. 2009. Sertifikasi Keahlian Manajemen Proyek. http://mnasution06.wordpress.com/2009/09/21/sertifikasi-keahlian-manajemen-proyek/ Diunduh tanggal 09 Oktober 2013 

Anonymous. 2011. Software Manajemen Proyek . http://tutorial-pembelajaran.blogspot.com/2011/04/software-manajemen-proyek.html . Diunduh tanggal 09 Oktober 2013

  



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Agung Networks - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -