Posted by : Agung Saputra October 01, 2012

Dalam kehidupan sehari - hari kita sering menggunakan Bahasa Indonesia . Ya , Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi bagi rakyat Indonesia . Oleh karena itu baik dalam berbahasa dan menyampaikan pendapat/informasi dengan tulisan kita menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar .  Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar harus sesuai EYD (ejaan yang dibakukan) sesuai yang tertulis dalam KBBI (kamus besar bahasa indonesia) . Nah salah satunya yang akan saya bahas kali ini adalah penggunaan ejaan yang baik dalam ragam tulis yang saya dapat dari berbagai referensi.

A. Pengertian ejaan.

Ejaan adalah suatu aturan dalam penulisan yang mengcangkup tentang tata cara penulisan kata/kalimat, pemisahan dan penggabungan kata, serta penggunaan tanda baca. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti ejaan adalah kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (yang merupakan kata, kalimat dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (yang diwakili oleh huruf-huruf) serta penggunaan tanda bacanya. Secara khusus, ejaan diartikan sebagai perlambangan bunyi-bunyi bahasa dengan menggunakan huruf, baik huruf demi huruf, ataupun huruf yang sudah tersusun menjadi sebuah kata, frasa, ataupun kalimat.

B. Fungsi Ejaan dalam ragam tulis. 

Ejaan berfungsi sebagai pembantu pemahaman pembaca terhadap tulisan yang disampaikan. Jika tulisan tersebut tidak memakai ejaan yang baik dan benar maka pembaca pun bisa salah mengartikan maksud dari si penulis . Kalau saja pembaca tidak memahami ejaan (maksud penulisan) yang benar maka si pembaca akan menganggap informasi yang diberikan kurang lengkap dan bisa menimbulkan kebingungan yang pada akhirnya pembaca itu tidak bisa menyerap informasi yang tepat. Contoh kalimat yang ejaannya salah adalah sebagai berikut  "Saya tinggal di Bogor." . Maka apa yang pembaca blog ini pikir tentang kalimat tersebut ? "Saya bertempat tinggal di Bogor." atau "Saya meninggalkan sesuatu di Bogor." . Nah pengertian dari kalimat yang dicetak tebal berwarna merah adalah "Saya bertempat tinggal di Bogor." . Masih kurang jelas ? mari lihat contoh kalimat berikut ini "Saya sarapan." Apa maksud dari kalimat tersebut ? "Saya dijadikan sarapan." atau "Saya sedang sarapan." Nah penulisan yang benar seharusnya yang sesuai ejaan adalah "Saya sedang sarapan." 

C. Kesimpulan   

Ejaan dalam ragam tulis sangat penting karena ejaan tersebut mencangkup tata cara penulisan, kelengkapan tanda baca, penulisan kalimat yang lengkap dan pemilihan kosakata yang digunakan . Karena tulisan berbeda penyampaiannya (tulisan harus dibaca), sedangkan pengucapan bahasa dapat langsung dilakukan maka ejaan yang tepat dapat membantu pembaca untuk memahami informasi yang diberikan penulis melalui tulisannya.    

Referensi : 
http://heningbatin.blogspot.com/2011/12/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
http://gammaz77.blogspot.com/2010/10/ejaan-dan-diksi.html
http://fenyrk.blogspot.com/2010/03/tugas-menumbuhkan-sikap-bahasa-yang.html
http://primaprimi.blogspot.com/2011/01/hubungan-antara-ejaan-dan-bahasa-ragam.html

 

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    ReplyDelete

- Copyright © Agung Networks - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -