Posted by : Agung Saputra January 07, 2013


Pendahuluan

Dalam komunikasi peranan bahasa sungguh sangat penting. Informasi apapun yang disampaikan memerlukan bahasa. Bahasa sebagai alat komunikasi dan interaksi yang hanya dimiliki manusia. Di Indonesia kebutuhan dunia komunikasi terhadap bahasa Indonesia telah memungkinkan bahasa tersebut mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Bahasa Indonesia sebagai media komunikasi utama di Indonesia semakin menunjukkan kedewasaan dan kematangannya. Kita tahu bahwa masyarakat kita (Indonesia) sangat menjunjung kesantunan dalam berbahasa.


Senada dengan pendapat (St. Y. Slamet 2008:31) Bahasa merupakan alat komunikasi yang umum dalam masyarakat. Bahasa diucapkan dan didengar, bukan ditulis dan dibaca, disamping tetap ada yang diucapkan dan didengarkan. Seseorang yang memiliki kemampuan berbicara akan lebih mudah dalam menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain, keberhasilan mengunakan ide itu sehingga dapat diterima oleh orang yang mendengarkan atau yang diajak berbicara.

Oleh karenanya keterampilan dalam berbahasa Indonesia untuk menyampaikan informasi mutlak diperlukan agar tidak salah kaprah dalam penyampaiannya. Makna yang akan disampaikan tidak hanya terkait dengan pemilihan kata, tetapi juga cara penyampaiannya. Sebagai contoh, pemilihan kata yang tepat apabila disampaikan dengan cara kasar akan tetapi dianggap kurang santun.

Di Indonesia khususnya Negara yang memiliki beragam bahasa daerah masih sering menggunakan dialek dan logat daerahnya masing – masing. Tentu Negara kita juga memiliki bahasa pemersatu yang dipakai secara formal dalam berbagai keperluan yaitu bahasa Indonesia.

Lalu muncul pertanyaan keterampilan berbahasa Indonesia harus dipelajari bukan ? tentu “ya” karena ada saja orang yang belum menegerti / menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Dengan mempelajari keterampilan berbahasa indonesai  tentu akan membentuk pribadi yang bisa mengguanakan bahasa Indonesia yang baik dan sesuai dengan situasi yang dihadapi. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Agung Networks - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -