Tabel Hiragana + Audio Files

Kuliah jurusan komputer yang setiap hari belajar tentang elektronika kok belajar bahasa jepang segala ? Mau jadi TKI bro ? mungkin Saya pernah mendengar perkataan tersebut dari seorang teman saya dulu. Tapi ilmu apapun itu jika tidak merugikan oranglain dan juga bermanfaat bagi kita kenapa tidak dipelajari ? betulkan? Mungkin saja suatu saat nanti Saya akan pergi ke jepang sekarang saatnya belajar bahasanya dulu saja ya ! 






 にほんご を  いっしょ に はじめましょう !
Nihongo o issho ni hajimemashou ! 
Ayo kita mulai bahasa jepang dengan saya !

Nah kira - kira minna -san apakah kesulitan membaca tulisan hiragana diatas ? pasti beberapa dari minna -san sekalian ada yang kesulitan bukan ? untuk itu saya akan memberi tabel hiragana (huruf jepang) sebagai permulaan. Nah tabel ini saya buat semenarik mungkin dan dilengkapi dengan file audionya >.< untuk cara bacanya jadi kalau kesulitan membacanya silahkan didownload file audionya ya ! 


Tabel Hiragana

a    i     u    e    o 
あ  い   う   え お


ka ki ku ke ko
か き く け こ


sa shi su se so
さ し    す せ そ 


ta chi tsu te to
た ち  つ  て と



catatan : Jika ada tsu kecil (つ)dalam kalimat maka konsonan setelah tsu dibaca dobel misalkan sekolah (がこう) dibaca gakkou. 

na ni nu ne no
な に ぬ ね の

Tidak ada file audio nya T.T filenya rusak gomen ne .

ha hi fu he ho
は ひ ふ へ ほ


catatan : Dalam beberapa kalimat sering ditemui huruf ha (は) tetapi itu merupakan partikel (tanda baca) yang dibaca wa contohnya : (わたし  アグン です。) watashi wa Agung desu. artinya Saya Agung. Penjelasan mengenai partikel akan ada di post berikutnya.


ma mi mu me mo
ま  み  う   め   も


ya yu yo
や ゆ よ


ra ri ru re ro
ら り る れ ろ


wa wo n
わ を ん


catatan : dalam beberapa kalimat sering ditemukan kata wo (を) tetapi itu merupakan partikel yang dibaca o . Contohnya にほんご   いっしょ に はじめましょう !Nihongo o issho ni hajimemashou ! Penjelasan mengenai partikel akan ada di post berikutnya.

hiragana yang bertanda tenten (")

ga gi gu ge go
が ぎ ぐ げ ご


za zi zu ze zo
ざ じ ず ぜ ぞ


da di du de do
だ だ ぢ で ど


ba bi bu be bo
ば び ぶ べ ぼ


hiragana dengan tanda maru (o)

pa pi pu pe po
ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ


Hiragana dengan や ゆ よ kecil

kya  kyu  kyo
きゃ きゅ きょ


sha shu sho
しゃ しゅ しょ


cha chu cho
ちゃ ちゅ ちょ


nya nyu  nyo
にゃ にゅ にょ


hya  hyu hyo
ひゃ ひゅ ひょ


mya myu myo
みゃ みゅ みょ


rya  ryu  ryo
りゃ りゅ りょ


gya  gyu gyo
ぎゃ ぎゅ ぎょ


jya   jyu  jyo
じゃ じゅ じょ


bya  byu  byo
びゃ びゅ びょ


pya  pyu pyo
ぴゃ ぴょ ぴょ



Yuuk kita latihan membaca kata dan kalimat dengan hiragana ! 
  1. つけえ = meja
  2. いす = kursi
  3. わたし = saya
  4. ありがとう = terima kasih
  5. べんきょ = belajar
  6. せんせい = guru
  7. せいと = murid
  8. にほんご = bahasa jepang
  9. いえ = rumah 
  10. これ わ わたし の ほん です。= ini adalah buku milik saya


Fuuih.. selesai juga huruf hiragana bagaimana ? apakah sudah bisa menghafal sebagian / malah sudah ada yang hafal seluruhnya ? huruf hiragana ini sering digunakan dibandingkan huruf katakana dalam tulisan / kalimat - kalimat berbahasa jepang , jadi sangat penting menghafal huruf hiragana untuk belajar bahasa jepang lebih lanjut seterusnya . Postingan berikutnya saya akan membuat tabel katakana :D jadi tetap stay tune diblog ini ya ! dibookmark atau sebarkan jika minna -san pikir ini bermanfaat. 

Tulisan ini juga saya muat diblog khusus belajar bahasa jepang saya di newbienihon jadi jangan lupa kunjungi keduanya ya! 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah - Reformasi

Review Anime : Chihayafuru

Review: 7 Anime Remaja terbaik yang pantas di tonton